Trend Keahlian Pemrograman 2017

Bagi programmer pemula maupun programmer yang sudah berpengalaman, salah satu yang hal selalu terjadi adalah perubahan. Selalu saja ada hal-hal baru yang menarik untuk dipelajari. Baik itu bahasa pemrograman, web frameworks, DevOps automation, piranti mobile, front-end dan back-end developemnt, database SQL dan NoSQL, dan lain-lain.

Mungkin kita ingat bagaimana menariknya pertama kali kita melakukan coding atau membuat program. Yaitu saat kita menciptakan program “Hello World” dan merasa wow, ini asyik dan keren ya. Luapan perasaan  yang mengalir di dada dan selalu bergelora, setiap kita mencoba teknologi baru. Setuju ?

Nah, selain asyik mencoba teknologi baru, ada baiknya kita simak atau perhatikan trend keahlian pemrograman yang berkembang. Ada beberapa website yang menampilkan trend tersebut, misalnya: Tiobe IndexRedmonk Programming Language Ranking, dan juga FreeCodeCamp. Berikut saya cuplikan grafik dan pembahasannya.

Popularitas React yang Meroket

Peringkat 5 Besar Juli 2017

React adalah library JavaScript yang diciptakan oleh Facebook, dan baru dijadikan open-source sekitar empat tahun yang lalu. Dalam hitungan bulan, posisi React menempati ranking atas. Pada bulan Juni 2016, React mendapatkan ranking #2, dan menjadi ranking #1 pada bulan November 2016.

Nasib JavaScript Developer

JavaScript Developer menhadapi tantangan perubahan

Kepopuleran React yang meningkat tajam sangat mencengangkan. Hal ini sangat berpengaruh pada komunitas JavaScript. Para programmer JavaScript menghadapi tantangan perubahan yang lebih sering dan cepat dibandingkan sesama programmer di bidang yang lain. Jika dilacak dari data dalam grafik, maka adopsi AngularJS meroket sangat cepat dibandingkan yang lain. Namun sayang sekali AngularJS tidak bisa menjaga kecepatan kepopulerannya tersebut. Terjadi penurunan pada tiga tahun terakhir. Termasuk yang mengalami penurunan adalah framework dan library JavaScript, misalnya: Backbone.js, jQuery, CoffeeScript.

CoffeScript menghilang

Sejarah telah membuktikan dan mencatatkan ketidakramahan pada JavaScript frameworks dan library.

Sebagai catatan tambahan bahwa ketika development front-end menjadi lebih rumit dan spesialistik, tools yang bermunculan telah merekatkan berbagai kepingan aplikasi JavaScript. Contoh dari hal ini adalah webpack, Gulp dan Bower.

Perebutan di Sisi Server

Trend terkini untuk framework server

Trend di sisi server juga menarik diamati. Di sana, terjadi perebutan antara Node.js dan Ruby on Rails yang telah berlangusng bertahun-tahun.  Keduanya saling bergantian naik dan turun.

PostgreSQL menjadi pemenang database

Trend Terkini pada sistem Database

Pada sisi database, tidak terjadi perubahan yang signifikan. Database khususnya yang bersifat relational database seperti MySQL dan PostgreSQL telah berada disana bertahun-tahun.

Evolusi Teknologi Mobile

Native vs Hybrid

Belum lama berselang, yaitu pada November 2016 saat iOS menjadi 10 teratas persyaratan rekruitmen. Hal tersebut tetap konsisten pada 20 teratas, dimana iOS dan Android tetap menjadi keahlian yang dicari oleh para manajer. Akan tetapi ada pergeseran yang kuat dari development native ke arah hybrid, yang dipimpin oleh React Native.

Frameworks patah tumbuh berganti, bahasa pemrograman tak pernah berubah

Apapun yang terjadi, maka bahasa pemrograman adalah yang paling utama yang menentukan apa yang dilakukan oleh programmer.

Dari 20 peringkat atas persyaratan yang ditemukan di Juli 2017, hanya ada 5 bahasa pemrograman:

  • Python (#2)
  • JavaScript(#3)
  • Java(#8)
  • Ruby(#13)
  • C++(#20)

Kelima bahasa tersebut memang telah menguasai peringkat atas sejak awal. Grafik pertama pada 2013 menunjukkan JavaScript, Python, Java dan Ruby pada peringkat sepuluh besar. Saat ini, beberapa bahasa pemrograman yang telah diperkenalkan beberapa tahun lalu mulai menunjukkan kepopulerannya, seperti Go, Elixir, Rust dan Kotlin.

Hal Penting Lainnya

Adanya analisis trend yang dilakukan oleh banyak perusahaan besar, adalah berkat teknologi artificial intelligence dan machine learning. Pada beberapa tahun terakhir, kita lihat beberapa produknya: self-driving cars sampai dengan home assistance.

Artinya, para developer, bersiap-siaplah untuk menguasai teknologi tersebut.

 

Artikel ini bersumber dari https://medium.freecodecamp.org/trending-developer-skills-based-on-my-analysis-of-ask-hn-whos-hiring-26c02a3ca1fd dengan penerjemahan dan penyesuaian seperlunya.